Sep 3, 2009

New Setting My Arashi 125

Ah.... ceritane nech baru gajian yang kedua ckckckck..... dan rencana sekitar 3 minggu yang lalu siap untuk dilaksanakan, yaitu "Meningkatkan performa Suzuki Arashi 125". Gak ngerti aku itu iri banget membaca top speed motor-motor arashi yang ada di forum, pada bisa sampe 120kmpj bahkan katanya yang udah pada masuk sirkuit bisa sampe 140kmpj. Tentunya saya tidak bermaksud mengimbangin mereka, cuman saya ingin mendapatkan performa yang lebih baik dari arashi saya. Lah... masa suzuki arashi yang katanya motor balap paling mentok di 90kmpj. Baca-baca banyak forum motor akhirnya saya mendapatkan spesifikasi yang saya rasa maksimal untuk keadaan saya, yaitu keadaan dimana motor saya masih pantas masuk ke kantor Setda Kabupaten Brebes (tempat kerja gua gan), trus kagak boros, kagak cepet bikin mesin soak dan yang pasti bisa untuk harian. Spesifikasi itu adalah
- CDI BRT Neo Hyperband untuk shogun 125 -> 350ribu.
- Pilot Jet 17,5 (merek kagak jelas, cuman kata yang jual for racing) -> 20ribu.
- Main Jet 100 (merek kagak jelas, cuman kata yang jual for racing) -> 20ribu.
- Oli Pertamina Prima XP.
- Bahan bakar Pertamina Pertamax.
Lainnya masih standart. Tadi sebenarnya ditawarin sama mekanik bengkel tempat saya service agar busi di ganti yang untuk racing, tetapi ternyata busi abis.
Dan sekarang performa Arashi Saya...!!!!!! kagak nahan gan. Tarikan panjang, perpindahan gigi halus, dan yang jelas terasa lebih stabil buat kecepatan tinggi.
Tapi omong-omong tadi ada kejadian sedikit menjengkelkan tetapi juga lucu. Intinya saya beli CDI BRT Neo Hyperband untuk shogun 125 di salah satu bengkel variasi di tegal. Trus ketika saya tanya bengkel tempat saya beli, dia gak sanggup pasang, karena gak bisa nyetel karburasinya. Trus ditunjukin lah.... bengkel yang saya anggap cukup kecil di pinggir jalan pantura. Ngobrol-punya-ngobrol motor saya mulai dipreteli agar CDI-nya bisa diganti. Setelah CDI ori diganti dengan CDI BRT memang ada sedikit penyetelan pada karburasi, cuman kayaknya gak rumit-rumit amat dech. Tetapi yang bikin saya pengin ketawa tuh... ketika si mekanik nich bengkel saya sodorin Pilot Jet dan Main Jet yang buat racing agar bisa di pasang di karburasi Arashi saya. Dia selalu menolak dengan alasan yang tidak jelas, akhirnya sambil ngobrol ngalor-ngidul sampelah kepada pertanyaan "Mas njenengan asline mana ?", yaa... langsung saya jawab "Kebumen". Ketika mendengar Kebumen, tuh... mekanik langsung terfokus pada saya dan berkata "Mas kalau knalpotnya diganti buat racing, saya setelin sekalian mesin-nya buat race", saya bilang "Ahh... entar cepet rusak lah...", trus ntu mekanik balesin "Yaa udah semi race ajah". Saya pikir-pikir, knalpot diganti buat race ?????? bukan masalah harganya yang mencapai 350ribu tetapi pada suaranya yang kaya truck lagi ngeden itu loh.... "Masa masuk ke kantor make knalpot kaya gitu !!!!.... untung klo gak ditangkep polisi".
Dengan sedikit berat hati akhirnya saya menolak tawaran ntu mekanik dan bergegas pulang dengan satu tujuan "Memasang PJ dan MJ yang udah di beli". Akhirnya saya putuskan untuk masuk ke bengkel tempat saya biasa ganti oil mesin, ya.... sekalian service dan ganti oli juga mbenerin stang yang kayaknya agak geser (mungkin ntuh motor pernah jatuh tapi gua kagak tahu). Ah.... memang nasib baik lagi di tangan saya. Kebutulan mekanik favorit saya lagi kosong, padahal biasanya aduh... susah banget dapat ntuh... mekanik (emang nyeting motornya cespleng ntuh... orang). Bungkar-punya-bungkar body, pas masuk mbungkar karburasi langsung saya sodorkan PJ dan MJ yang udah di beli dan si mekanik siap memasang. Beberapa waktu diservice akhirnya selesai juga proses pen-servisan, dan emang beberapa kali harus mencoba mendapatkan settingan yang tepat untuk menyesuaikan dengan perangkat yang baru. Ah... tapi dasar mekanik yahuudd.... dapat juga ntuh settingan. Penasaran dengan performa yang baru, yang kata mekanik favorit saya "Ah... nganggo motor kie sih... bisa mabur" --ah... kalau naik motor ini bisa terbang--, langsung pulang dengan kekuatan penuh dan keberanian penuh dan.... ahhh.... aku puas dengan settingan nich arashi.... asik bener.
Anonymous said...

wehh banggg .. sma niee kt orgkbumenn.. tpy gw baru ciee..
hxhxhxxx..

oh ye niee sy mu beli full bodi arashi..
dimane yaa..
klo bisa si yg Orgi na ciee..!!!

NR Technology said...

Anonim -> wahh..... gak ngerti gan. Di Dealer suzuki mungkin ada. Agak repot emang nyari part-nya arashi. Tapi terpuaskan lahhh yang jelas saya make ntuh motor.

Anonymous said...

Arashi emg tiada 2nya gan,py ane yg kopling otomatis,ane bkin kopling manual,cdi dganti brt hyperband,oli enduro rc,gear dtrunin 1 mata pke pya new smash test drive berani 120kmpj.hedew coba kalo udah dbekali part2 rc,disangkanya satria fu x.wkwkwkwk
lo nyari spertpart mendingan di SUZUKI INDOMOBIL SPERPART
daerah tambun,bekasi jawa barat

Powered by Blogger.

Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search